AWASAPALA di puncak Mahameru

Semeru

Semeru adalah gunung berapi tertinggi di Jawa 3676 MDPL, terletak sebagian berada di Kabupaten Malang, dan sebagian berada di Kabupaten Lumajang. Semeru menjadi destinasi wisata penggiat alam sejak lama karena alamnya sangat indah dan memiliki berbagai macam legenda.

Gunung Semeru termasuk dalam pengelolaan TNBTS(Taman Nasional Bromo Tengger Semeru), dan untuk mencapai destinasi ini Anda harus memiliki SIMAKSI yang bisa diperoleh secara online. Khususnya Semeru, destinasi ini memiliki beberapa obyek wisata seperti:

  1. Ranu Regulo
    Ranu (danau) Regulo adalah danau yang terletak di desa Ranupani, yaitu desa terakhir sebelum pelancong melakukan pendakian ke puncak Mahameru. Danau ini sangat indah dan asri memantulkan pemandangan dari ladang penduduk di sekeliling danau dan pohon-pohon cemara yang tergelar di perbukitan sekeliling.
  2. Ranu Kumbolo
    Ranu Kumbolo berada di sebelah Selatan desa Ranu Pani adalah destinasi yang wajib dikunjungi, karena danau ini sangat indah dan luas, dikelilingi bukit-bukit teletubbies. Berada di sini seakan-akan Anda sedang berada di perbukitan Eropa. Para pendaki biasanya akan beristirahat dan mendirikan tenda di sini.
  3. Tanjakan Cinta
    Berada di sisi Selatan Ranu Kumbolo sebagai akses menuju Oro Oro Ombo, tanjakan cinta adalah sebuah legenda bagi para pendaki. Konon, sepasang kekasih yang mendaki tanjakan cinta bersama tapa menoleh ke belakang, ikatannnya akan langgeng.
  4. Oro Oro Ombo
    Oro Oro Ombo (lapangan luas), adalah hamparan lavender yang sangat luas. Berada di balik tanjakan Cinta, dan sangat indah bila ke sana di waktu berbunga, sekitar bulan Juni. Menyusuri obyek wisata ini di pagi atau sore hari, seakan-akan Anda berada di Swiss.
  5. Cemoro Kandang
    Cemoro Kandang adalah bukit yang ditumbuhi sebgian besar oleh cemara. Anda bisa beristirahat sebentar di sini untuk meneruskan perjalanan ke Kali Mati.
  6. Kali Mati
    Destinasi ini adalah tempat para pendaki mendirikan tenda, dan beristirahat untuk melakukan Summit Attack. Dari sini pemandangan puncak Mahameru sangat indah, mudah-mudahan tidak ada kabut yang menutupinya ketika Anda di sana.
  7. Puncak Mahameru
    Bagi pendaki puncak adalah sebagai tujuan, dan target. Puncak adalah tantangan fisik dan mental melawan ego diri sendiri. Perjalanan ini sebenarnya lebih menempa pribadi, oleh karena itu sayang kalau Anda tidak mencobanya.

Tips:

  1. Daftarkan diri Anda di situs TNBTS
  2. Bawalah perbekalan untuk 3 hari 2 malam, jangan lupa membawa pakaian hangat dan mantel hujan, sumber air ada di Sumbermani dekat Kalimati yang Anda tempuh hari kedua, menej air seefisien mungkin.
  3. Dari Jakarta Anda dapat meraihnya dari stasiun Pasar Senen menuju Malang Baru menggunakan KA. Matarmaja
  4. Dari Stasiun Malang, Anda dapat menggunakan angkot ke Pasar Tumpang. Pergilah secara berkelompok hingga 10 orang, karena satu angkot untuk 10 orang.
  5. Di Pasar Tumpang Anda dapat menyewa Jip atau Truk sayur untuk menuju ke desa Ranu Pani
  6. Hemat tenaga Anda dan berkemahlah di Ranu Kumbolo
  7. Jangan tinggi hati, setiap gunung memiliki karakternya sendiri, dan persiapan yang cukup.


Inspirasi:

  1. 55_13
    So which of the favors of your Lord would you deny?
  2. So Hok Gie
  3. Mahameru – Dewa 19
  4. 5 cm the Movie
Posted in Gunung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *