IMG-20131210-00385

Alcohol Stove

Kompor adalah satu dari perlengkapan penting bagi montaineer yang wajib dibawa dalam pendakian. Kompor yang dibawa juga harus memiliki kriteria berat tertentu sehingga tidak merepotkan ketika dipak ke dalam carrier bag. Kompor yang sering dibawa adalah kompor gas mini atau kompor alcohol, dan dari kebiasaan menyebut nama barang menjadi merk sehingga, sering disebut kompor gasmate dan kompor trangia.

Dalam kesempatan ini saya akan berbagi tip membuat kompor alkohol murah meriah memanfaatkan limbah. Murah karena dibandingkan dengan kompor merk trangia yang sekarang harga termurahnya berkisar 300 ribuan berikut nesting, dan memanfaatkan limbah karena dibuat menggunakan bekas parfum axe.

IMG-20131210-00385

Walaupun tips ini bukan hal baru lagi, tapi tidak ada salahnya saya kirimkan tulisan ini, karena ini bisa memancing teman-teman untuk berkreasi membuat kompor jenis lain.

Baiklah berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Siapkan peralatan yang diperlukan, seperti paku kecil dan gergaji. Ya saya hanya menggunakan dua alat ini. Kalau tidak punya gergaji besi, gunakan belati kesayangan Anda, namun Anda membutuhkan usaha lebih mengamplas untuk menghaluskan hasil potongan.
  2. Saya menggunakan sebuah botol kecil bekas parfum axe. Beri tanda dengan garis dengan cara menggunakan spidol dan tatakan seperti buku untuk bagian yang dipotong. Saya bahkan langsung memotong botol menjadi 2 bagian.
  3. setelah terpotong, kita memiliki dua bagian. Bagian atas adalah bagian yang semakin mengecil di ujungngnya. Bersihkan pinggiran dengan amplas, atau kalau malas nanti saja. Yang pasti Anda harus membuang selang dan ventil dari botol, bisa menggunakan paku yang agak besar.
  4. Balik bagian atas dan masukkan ke bagian bawah. Dengan cara menelungkupkan bagian yang telah digabungkan pukul sedikit-sedikit hingga pinggiran rata. Hal ini penting untuk menjamin tidak ada udara keluar dari bagian ini.
  5. Potong kertas selebar tape solasi sepanjang keliling lingkaran botol. Lepaskan lingkarannya, lipat, lipat, lipat lagi. Kalau belajar matematika berarti ini adalah 2 pangkat 3, atau delapan. Anda sudah membuat delapan tanda untuk membuat lubang burner.
  6. Lekatkan lagi pada botol sekitar 1 cm dari atas, di mana adalah rongga antara dinding luar dan dinding dalam sangan tipis. Lubangi berdasarkan tanda-tanda yang Anda buat menggunakan kertas tadi. Ingat hati hati tidak perlu terburu buru.
  7. Setelah semua lubang dibuat sebenarnya kompor sudah jadi, Anda telah membuat axe bottle side burner alcohol sotove.
    IMG-20131210-00384

Berdasarkan uji ‘lab’ saya, kompor ini memerlukan satu menit ignition atau pemanasan. Jadi teorinya alcohol akan menjadi gas yang siap menjadi api biru ketika mendidih. Sedangkan untuk mendidihkan air sebanyak -/+ 400cc, kompor ini membutuhkan waktu sekitar 3 Menit.

Selamat mencoba.

IMG-20131210-00394

Link inspirasi :

  1. http://youtube.com
  2. http://zenstoves.net/
Posted in Gunung, Tips and tagged , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *