Find-True-North-Without-a-Compass-Step-5

Menemukan Arah Utara Tanpa Kompas

Utara di mana? Apakah Anda sedang tersesat di hutan atau Anda mencoba untuk menginstal sebuah jam matahari di halaman Anda, Anda pasti ingin mencari arah Utara yang tepat dari waktu ke waktu, dan kemungkinan ketika saatnya tiba Anda tidak akan memiliki kompas . Terlebih lagi, bahkan jika Anda memiliki kompas, itu akan mengarah ke Utara secara magnetik, yang, tergantung pada lokasi Anda di dunia

 

Metode 1 dari 8: Metode Bayangan

  1. Find True North Without a Compass Step 1 Version 2.jpg
    Tempatkan tongkat tegak di dalam tanah sehingga Anda dapat melihat bayangannya. Cara lainnya adalah, Anda dapat menggunakan bayangan benda tetap. Hampir setiap objek akan bekerja, tetapi lebih tinggi bendanya, akan semakin mudah untuk melihat pergerakan bayangannya, dan semakin sempit ujung objek, semakin akurat pembacaan. Pastikan bayangan dipantulkan pada area yang rata tanpa rumput.
  2. Find True North Without a Compass Step 2 Version 2.jpg
    beri tanda ujung bayangan dengan sebuah tanda yang jelas.
    Usahakan membuat tanda sekecil mungkin tapi tetap bisa dilihat dengan jelas.
  3. Find True North Without a Compass Step 3.jpg

    Tunggu 10-15 menit. Ujung bayangan akan bergerak dari Barat ke Timur biasanya dalam bentuk kurva.

  4. Find True North Without a Compass Step 4.jpg
    Beri tanda posisi baru dari ujung bayangan dengan tanda silang. Biasanya pergerakan itu hanya berjarak pendek.
  5. Find True North Without a Compass Step 5.jpg
    Buat garis lurus di tanah menghubungkan kedua tanda yang telah dibuat. Ini adalah garis Timur-Barat.
  6. Find True North Without a Compass Step 6 Version 2.jpg

    Berdiri dengan kaki kiri di sebelah tanda pertama (Barat) dan kaki kanan pada sisi sebelahnya. Anda sekarang sedang menghadap ke Utara, di mana  pun  Anda sekarang berada. Metode ini berdasar pada pergerakan matahari yang bergerak dari Timur ke Barat.

Metode 2 dari 8: Menggunakan Bintang: Northern Hemisphere

  1. Find True North Without a Compass Step 7.jpg

    Menentukan lokasi Bintang Utara di langit.

  2. Find True North Without a Compass Step 8 Version 2.jpg

    Buatlah sebuah garis maya lurus ke dasar horison. Arah ini adalah arah Utara, dan jika Anda bisa menemukan patokan (tanda peta/gedung/dll), itu bisa dijadikan panduan untuk Anda.

Metode 3 dari 8: Menggunakan Bintang: Southern Hemisphere

  1. Find True North Without a Compass Step 9.jpg

    Menemukan konstelasi silang Selatan. Di belahan bumi selatan, Bintang Utara tidak terlihat, dan tidak ada bintang tunggal selalu menunjukkan utara atau selatan, tetapi Anda dapat menggunakan SIlang Selatan dan bintang-bintang pointer sebagai panduan. Konstelasi Silang Selatan dibentuk oleh lima bintang, dan empat bintang paling terang membentuk salib yang miring ke satu sisi.

  2. Find True North Without a Compass Step 10.jpg

    Kenali dua bintang yang membentuk sumbu paling panjang. Bintang-bintang ini membentuk garis maya, dan menuju ke kutub Selatan. Ikuti terus garis maya sekitar lima kali  jaraknya.

  3. Find True North Without a Compass Step 11 Version 2.jpg

    Setelah membuat titik maya pada langkah sebelumnya, arahkan garis itu tegak lurus ke Horison. Ini adalah arah Selatan, karena itu arah Utara adalah kebalikannya.

Metode 4 dari 8: Menggunakan Bintang: Equator

  1. Find True North Without a Compass Step 12.jpg

    Konstelasi Orion dapat terlihat dari kedua belahan bumi. Ini adalah kelebihan katulistiwa.

  2. Find True North Without a Compass Step 13 Version 2.jpg

    Lihatlah sabuk Orion. Orion memiliki beberapa bintang ternama. The ‘sabuk’ (3 bintang berturut-turut) dari Timur ke Barat. Carilah itu, ia memiliki ‘pedang’ yang melekat padanya.

  3. Find True North Without a Compass Step 14.jpg

    buatlah garis maya lurus hingga setinggi ujung ‘pedang’ Orion dari bintang di tengah sabuk Orion. Ini adalah arah ke Utara.

  4. Find True North Without a Compass Step 15.jpg

    Orion terletak menyeberangi Katulistiwa: Sabuknya sendiri menunjukkan arah Timur dan Barat.

Metode 5 dari 8: Alternatif metode bayangan

  1. Find True North Without a Compass Step 16.jpg

    Tancapkan tongkat kecil di dasar yang rata dan tandai ujung bayangan pertama. Metode ini dilakukan pada pagi hari, atau paling tidak satu jam sebelum tengah hari.

  2. Find True North Without a Compass Step 17.jpg

    Carilah tali sepanjang bayangan ke ujungnya.

  3. Find True North Without a Compass Step 18 Version 2.jpg

    Ulangi pengukuran setiap  10-20 menit. Bayangan akan memendek sebelum tengah hari, dan akan memanjang setelah tengah hari.

  4. Find True North Without a Compass Step 19 Version 2.jpg

    Mengukur panjang bayangan dan perubahannya. Gunakan tali yang untuk mengukur ujung bayangan yang pertama tadi, bila Anda menemukan panjang bayangan yang sama, tandai bayangan tersebut.

  5. Find True North Without a Compass Step 20.jpg

    Buatlah garis yang menghubungkan tanda tersebut. Sekali lagi, ini adalah garis Timur-Barat, dan jika Anda berdiri dengan kaki kiri pada tanda pertama, dan tanda kedua untuk kaki kanan, maka Anda sedang menghadap ke Utara.

Metode 6 dari 8: Northern Hemisphere

  1. Find True North Without a Compass Step 21.jpg
    Menggunakan jam analog (jarum). Letakkan pada tempat yang datar.
  2. Find True North Without a Compass Step 22.jpg

    Arahkan jarum jam ke Matahari.

  3. Find True North Without a Compass Step 23.jpg

    Bagi dua sudut jarum jam dan angka 12 pada jam Anda.  Tengah-tengah ditandai sebagai garis Utara-Selatan. Jika Anda belum bisa memastikan mana Selatan dan Utara, ingat saja bahwa matahari bergerak selelu ke arah Barat. Di bagian Utara bumi matahari cenderung ke Selatan pada tengah hari. Jika jama Anda diset “daylight saving” bagi dua sudut jarum jam dan angka satu, sebagai ganti jam 12.

Metode 7 dari 8: Metode Jam: Southern Hemisphere

  1. Find True North Without a Compass Step 24 Version 2.jpg

    Gunakan jam Analog, arahkan jam 12 ke Matahari. Jika jam Anda diset untuk “daylight saving” arahkan ke angka 1.

  2. Find True North Without a Compass Step 25.jpg

    Bagi dua sudutnya, dan Anda sudah membuat garis Utara Selatan. Jika Anda belum bisa memastikan mana Selatan dan Utara, ingat saja bahwa matahari bergerak selelu ke arah Barat. Di bumi bagian Selatan, bagaimanapun juga, matahari ada di Utara pada tengah hari.

Metode 8 dari 8: Memperkirakan jejak matahari

  1. Memahami jalan yang dibutuhkan matahari . Ingat bahwa matahari umumnya terbit di Timur dan tenggelam di Barat. Di antaranya, matahari akan menyapu busur ke Selatan di belahan bumi Utara , dan ke Utara di belahan bumi Selatan ( selalu menuju khatulistiwa ) . Ini berarti bahwa di pagi hari sangat awal ( sesaat setelah matahari terbit ) , matahari umumnya akan Timur , sementara sangat di sore hari ( sesaat sebelum matahari terbenam ) , maka matahari umumnya akan ke Barat .
    • Jalur matahari dapat bervariasi sedikit tergantung pada musim , terutama jika  jauh dari khatulistiwa . Misalnya , di musim panas , matahari terbit dan terbenam akan cenderung lebih jauh dari khatulistiwa ( lebih Utara di belahan bumi Utara , dan Selatan lebih di belahan bumi Selatan ) , sementara di musim dingin , mereka akan cenderung lebih dekat ke khatulistiwa.  .
    • Untuk tindakan persiapan, terbiasa dengan jalur matahari untuk daerah atau wilayah di mana Anda akan pergi sebelum Anda berada dalam situasi di mana Anda harus tahu mengenai hal itu . Sebuah alat web  dapat membantu dan secara gratis tersedia di http :// www.sunearthtools.com /dp/tools/pos_sun.php . Secara khusus , cobalah untuk mempelajari bentuk jalur di dua titik balik matahar, dan perkiraan waktu matahari terbit dan terbenam untuk dua jalur ini . Mengetahui informasi ini dari waktu ke depan dapat membantu Anda memperkirakan jalan untuk hari ini
  2. Menemukan arah Utara berdasarkan arah pergerakan matahari. Jika Anda memastikan matahari di Timur (pagi-pagi sekali),maka arah Utara adalah 90 derajat ke arah kiri. Begitu juga sebaliknya.
    • Sekitar jam 12 siang (tergantung set waktu dan zona waktu Anda), matahari harusnya terarah ke Selatan pada belahan bumi Utara, dan sebaliknya.

disadur “bebas banget” dari wikihow : http://www.wikihow.com/Find-True-North-Without-a-Compass

Posted in Navigasi, Tips.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *