Keindahan Curug Panjang dan Curug Bulao

Ini dia Curug Panjang salah satu objek wisata yang terletak di daerah Mega Mendung, Cisarua, Bogor.

Minggu pagi saya bersama tiga orang teman saya berangkat ke sana menggunakan sepeda motor.

Start dari Botani Square yang menjadi meeting point kami jam 06.30 WIB dan tiba di sana jam 08.00 WIB. Perjalanan masuk setelah melewati pertigaan Mega Mendung sangat memanjakan mata, kita disuguhi oleh hijaunya hutan pinus dan tumbuhan lainnya.

Setibanya di sana kami urus dulu tiket masuk dan tiket parkir kendaraan. Tiket masuk per orang Rp 12.000,- dan tiket parkir kendaraan Rp.3.000,-/kendaraan. Setelah administrasi masuk diurus kami langsung tracking kira kira 5 menit sampai pos pengawasan Curug Panjang.

Sampai di pos pengawasan dua orang dari teman saya langsung menikmati indahnya Curug Panjang. Untung masih pagi waktu kami tiba di sini, jadi untuk mengambil foto narsis pun enak, tidak terlalu banyak orang, heheee..

image

imagePhoto by Rithoh Yahya

                Sambil menunggu dua orang menikmati Curug Panjang, saya mengurus perizinan river tracking ke Curug Bulao. Nah ini yang menjadi tujuan utama kami main ke Curug Panjang. Di kawasan itu juga terdapat beberapa curug lain yang dapat kita nikmati ketika kita river tracking ke Curug Bulao. Karena track ke Curug Bulao melalui curug–curug tersebut.

River tracking dari Curug Panjang sampai Curug Bulao kurang lebih memerlukan waktu 1 jam. Waw rasanya adrenalin kita terpacu di sini, basah basahan berenang melawan arus, naik turun bebatuan. Yang harus diperhatikan adalah track-nya yang licin. Berhati hatilah jika tracking di sini kebanyakan track-nya bebatuan yang berlumut jadi sangat licin jika dibuat pijakan kaki. Airnya yang jernih segar ditambah udara yang sejuk dengan pepohonan besar yang hijau nan indah memanjakan kita sekali hingga lelah tak terasa sepanjang perjalanan menuju ke Curug Bulao.

image

image

image

image

imagePhoto by Boim

Satu jam pun berlalu dan akhirnya kita sampai di Curug Bulao. Huaaaaa terbayar sudah tracking kita ke Curug Bulao, indahhhh bingitsssss 🙂 … Tanpa basa basi kita langsung nyebur berenang di sana. Serasa punya kolam renang sendiri. Soalnya kita datang lebih awal jadi pengunjung yang lain belum ada yang tiba. Kalian harus nyoba brohh kalo kalian blom pernah ke sana heheeee…

Buat kalian yang blom tau naik apa kalo mau ngecer ke sana. Kalian bisa menggunakan angkot Cisarua dari Terminal Sukasari, Bogor atau menggunakan bis di depan tol Ciawi, Bogor. Kalian tinggal turun di pertigaan Mega Mendung dan nyambung lagi naik ojek dari pertigaan sampai pintu gerbang masuk Curug Panjang.

Rincian dana yang dikeluarkan

  • Angkot / Bis : Rp 10.000,-/orang
  • Ojek : Rp 20.000,-/orang
  • Tiket masuk : Rp 12.000,-/orang
  • Tiket parkir : 3000,-/orang
  • Sewa Life Jacket : 35.000,-/orang

 

Sekian cerita singkat dari perjalanan saya menuju Curug Panjang dan Curug Bulao.

Semoga dapat menginspirasi kalian berkunjung ke sana.

 

 

 

(BangBoo)

Posted in Catatan Perjalanan, Curug.

9 Comments

  1. Aku kesana udah 4x,tau dr temen.kita naek motor.lom ada pemungutan tiket masuk,hny byr uang parkir.klo keCurug Blao baik’y jgn pas hari libur.Karna rame,g bebas berenang,terjun&air kolam’y jd keruh.g semua pengunjung sadar akan kelestarian alam#suka bwg sampah sembarangan, ngerokok dipinggir kolam curug trus dengan seenak’y bwg puntung rokok dikolam curug Blao.Andai kita sadar kelestarian alam.
    G pernah bosen klo travelling keCurug#Indonesiaku Indah

  2. gan,, persyaratannya gimana klo mau river treking dari Curug Panjang ke Curug Cibulao?

    ada nomor kontak yang bisa dihubungi gak terkait perizinannya?

    • untuk river tracking bisa menghubungi pihak pengelola gan.
      Datang langsung dan minta untuk river tracking nanti di-guide sampai curug bulao

      selamat bersenang-senang 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *