13388579_1585448765086058_512724280_n

Mendaki Dapet apa aja broo..?

Mendaki Gunung Dapet apa aja Broo ?

Kalo ada yang nanya Mendaki Gunung kamu dapet aja ??? Jawab aja Capek Tapi Bikin Nagih. Kok bisa bikin nagih ? Bisa dong , abis menyenangkan. Ialah menyenangkan banyak banget yang bisa kamu dapatkan yang pasti akan menjadi sebuah kenangan yang tak bakal terlupakan, Biasanya buat pemula pasca pendakian dia akan benar benar kapok atau mungkin ketagihan, tapi survey membuktikan malah pemula banyak yang ketagihan heheheee. Mereka ketagihan karena mereka mendapatkan :

1. Teman Baru
Jelas dengan mendaki gunung bisanya kita mendapat teman baru entah itu dari team kita karena biasanya teman kita

Pendakian bersama Gunung Papandaian

Pendakian bersama Gunung Papandaian

sendiri mengajak temannya lagi untuk mendaki bersama team kita atau bisa saja teman baru yang bertemu di Track / di Camp karena pada dasarnya pendaki itu mempunya sifat yang ramah dan gampang diajak komunikasi. Menurut pengalaman sih teman yang bertemu di gunung itu bakal awet sampe tua itu juga kata para sesepuh hehehe. Gimana ga mau awet mereka pasti awet juga ngasih Racun trip kalo lagi gatel, Apalagi kalo ada Long Weekend Grup di media sosial kalian pasti ramai dengan rencana liburan, foto foto kece penunjang racun dan kata kata gombal pemikat biar kalian tertarik yang tadinya Silent Rider bisa membara jempolnya kalo udeh tertaik ikutan trip itu harus banyak Igstifar kalo gak mau teracuni hehehehee.

2. Pengalaman Baru
Kalau pengalaman baru udah pasti karena segala sesuatu hal yang akan kita lakukan semua disana akan menjadi


Curhat sama Porter Gunung Tambora

Curhat sama Porter Gunung Tambora

pengalaman baru yang tak akan terlupakan mungkin bisa menjadi bahan cerita pengalaman kepada Istri dan Anak bahkan cucu kita kelak nanti. Pengalaman kita naik alat transportasi dari kota ini berpindah ke kota yang lain, makan kuliner khas daerah yang kita kunjungi sebagai destinasi , Membeli oleh oleh sebagai tanda kenang kengan kita pernah kesana bahkan kita bisa juga mengetahui adat istiadat daerah yang kita singgahi karena Indonesia ini banyak sekali Suku, Bahasa dan banyak keunikan yang bisa kalian dapatkan di Negri tercinta ini Berbangalah menjadi Warga Republik Indonesia. Pengalaman ini pula yang akan banyak mengajarkan arti bersyukur terhadap sang Maha Pencipta Allah SWT. Karena mendaki gunung itu pasti kita melewati pemukiman penduduk yang jauh dari hingar bingar kehidupan perkotaan yang mewah sangat berbanding terbalik. Bukan maksud mengcilkan gaya hidup orang kota tapi kalian juga akan dapat melihat betapa ramah dan sederhananya melihat kehidupan mereka sehari hari meskipun kita cuma bebrapa hari disana hihihihiii.

3. Ilmu Baru
Ilmu apa aja yang bisa di dapat??? wahh banyak… Pertama Kalian pasti belajar teknik dasar pendakian biasanya para

Basic Mountaineering Course

Basic Mountaineering Course

senior atau sesepuh di dalam team akan memberikan pembelajaran pengalamannya kepada pemula ataupun kepada yang sudah mendaki untuk mengingatkan kembali. Untuk teknik dasar mendaki kalian akan belajar Manajemen Perjalanan mencakup perjalanan dari rumah sampai tempat tujuan hingga pulang kerumah kembali dengan keadaan selamat dan sehat. Dalam manajemen perjalanan ini biasanya tugas Leader yang membuat Itenerary dia akan membuat alur waktu yang akan kita kerjakan bersama, Tujuan dibuatnya Itenerary supaya kita disiplin tidak banyak molor / waktu yang terbuang sia sia. Biasanya manajemen waktu ini akan berubah jika ada kendala Misal Cuaca Ekstrim atau kendala yang lainnya dan disitu kita harus punya Plan B dan harus siap melakukannya bersama karena suksenya pendakian terjadi karena kekompakan pada teamnya bukan pada Leadernya. Leader hanya memantau agar semua berjalan dengan itenarary yang telah dibuat dan disepakati bersama.Dari Manajemen Perjalanan saja kita bisa belajar caranya mengatur waktu agar tak sia sia, Belajar Kompak dalam team jika team sudah kompak jarang itu terlihat namanya Egoisme kareana mereka mementikan kepentingan bersama bukan kepentingan sendiri.

Kedua kalian akan belajar Packing , kalian harus bisa menyusun gear kalian dengan benar dan pas pada posisi dan waktu penggunannya. Untuk packing ini juga termasuk kedalam Persiapan yang benar benar harus dipersiapkan. Pastikan tidak ada peralatan yang ketinggalan atau tidak ada, karena biasanya jika ada kendala dari persiapan alat alat yang kurang akan mengganggu pikiran kita berlanjut membuat mental menjadi sedikit tergoyahkan , sayangkan bro misalnya kita udah mau sampe puncak ternyata ke puncaknya itu tracknya batu batu tajam atau banyak akar dalam pendakian tersebut. Kalian menggunakan sendal jepit dan pada saat itu kaki kalian tersandung akar atau batu otomatis akan terluka lecet udah pasti sukur sukur kagak ampe sobek parah dan apa yang terjadi kalian gak sampe puncak karena kecerobohan diri sendiri kita gak bisa melawan alam tapi kita bisa mengecilkan kemungkinan yang tak diharapkan walau pada dasarnya Puncak itu cuma Bonus puncak sebenarnya adalah kembali kerumah dengan selamat sehat walafiat. Maka dari itu kita harus bisa mempersiapkan semuanya dengan benar. Untuk para pemula usahakan kalian mengetahui apasaja peralatan yang harus kalian bawa standard pendakian yang benar yah bukan abal abal dan kalian juga harus belajar terlebih dahulu menggunakannya sebelum pendakian ini penting karena sesuatu yang tidak diharapkan bisa terjadi, jadi kita harus siap terlebih dahulu. Jika persiapan sudah matang mental kitapun ikut matang dan pasti akan nyaman.

Ketiga kalian akan belajar SURVIVAL / Cara bertahan hidup di alam bebas. Kalian harus bisa mengatur perbekalan kalian, Menjaga perilaku kalian ketika di Alam , Harus tau apa yang harus dilakukan jika bertemu dengan kondisi yang tidak diinginkan . Jangan malu untuk bertanya atau malas membaca artikel tentang pengalaman pendakian atau info info tentang pendakian karena info tersebut juga dapat membantu kita dalam pendakian Misalnya alat apa saja yang bisa digunakan sebagai sinyal pertanda jika kita tersesat atau sedang dalam pencararian atau bisa saja yang menjadi dilema para pendaki ialah menangani Hypotermia atau penyakit kondisi tubuh yang kedinginan yang mengakibatkan sulit mengatur kondisi tubuh dan penyakit ini bisa mematikan jika salah/telat dalam penanganan.

Keempat kalian akan belajar melatih Fisik. Selain mental yang kuat harus juga diiringi dengan Fisik yang prima agar semua beriringan sesuai irama. Secara tidak langsung Mendaki mengajarkan kita hidup sehat dengan berolahraga. Usahakan ada latihan fisik seperti Lari,Push Up , Shit Up dan gerakan gerakan olahraga apasaja yang membuat otot kita menjadi prima dan siap dipakai dalam pendakian.

4. Cerita Seru
Kalo bicara ceita seru pendakian selalu memberikan cerita yang seru karena ada sesepuh pendaki berkata ” Walaupun gunungnya sama jika beda bersama siapa jalannya akan berbeda pula ceritanya heheheee.

Pendakian Gunung Rinjani

Pendakian Gunung Rinjani

Cerita pendakian ini pasti akan diceritakan lagi jika kita bertemu pasca pendakian apalagi jika ada hal hal yang konyol terjadi akan menjadi perbincangan yang sangat menarik bisa sampe 3 gelas kopi dan satu piring pisang goreng buat ngebahas itu aja hahahhaa. Apalagi jika moment cerita tersebut bisa di abadikan dalam sebuah foto atau video itu akan sangat menarik dan makin makin membuat kita kengen sama mendaki. Foto Foto dan Video kece akan menjadi bukti otentik bahwa kita sudah pernah ada disana.

Mungkin itu aja yang bisa saya jabarkan, sebenarnya masih banyak sekali manfaat dan apasaja yang bisa dipatkan dalam pendakian Jodoh mungkin hehehee. Pesan saya sebelum mengundurkan diri ” Mendakilah secara bijak jangan membajak “.

Salam Lestari “Bhoaim”.

 

Posted in Gunung, Tips.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *